Kurikulum berbasis (Outcome Based Education) OBE dan berkarakter (Body of Knowledge) BoK menjadi keniscayaan bagi suatu program studi untuk memperoleh predikat unggul dalam akreditasi. Tujuan pengabdian ini melakukan pengkajian dokumen kurikulum program studi di lingkungan Pascasarjana Universitas Mataram ditinjau dari OBE dan BoK. Metode pelaksanaan melakukan analisis cermat dokumen kurikulum yang digunakan di tiga program studi, Magister Pendidikan IPA, Magister Administrasi Pendidikan, dan Magister Pertanian Lahan Kering. Pengkajian difokuskan pada profil lulusan beserta capaiannya yang terdiri atas capaian lulusan, capaian matakuliah, hingga sub-capaian matakuliah, serta relevansi setiap matakuliah dalam mendukung setiap capaian tersebut. Hasilnya menunjukkan pada ketiga program studi tersebut belum secara optimal memperlihatkan orientasi OBE, serta dalam dokumen kurikulum belum disajikan secara ekaplisit karakter BoK baik dengan cara membangun garis besar yang menghubungkan capaian keterampilan, sikap, dan pengetahuan atau mengkompilasi secara rinci teori, metodologi, teknologi, dan prosedur. Dalam rangka menunjang akreditasi unggul direkomendasikan agar setiap program studi segera melakukan rekonstruksi kurikulum menuju berbasis OBE secara utuh pada profil, CPL, CPPS, dan CPMK, serta dalam kurikulum tersebut menunjukkan melalui display karakter BoK menggunakan salah satu pendekatan di atas.
Copyrights © 2022