Melek IT: Information Technology Journal
Vol. 6 No. 2 (2020): Melek IT : Information Technology Journal

Pengembangan Sistem Presensi Perkuliahan dengan Menggunakan Teknologi NFC (Near Field Communication) Berbasis Android

Suhardik Nirmansyah (Unknown)
Nia Saurina (Unknown)
Noven Indra Prasetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Presensi merupakan proses pengumpulan data guna mengetahui kehadiran seseorang dalam suatu kegiatan. Salah satu kegiatan yang membutuhkan presensi adalah perkuliahan. Presensi dalam perkuliahan secara umum masih dilakukan secara manual, yakni dengan menggunakan lembar presensi yang dibawa oleh dosen di tiap pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sistem dengan memanfaatkan teknologi NFC yang terdapat pada perangkat mobile sehingga dapat menjadi alternatif untuk menggantikan presensi manual, sekaligus untuk meminimalisir kecurangan oleh mahasiswa yang sering terjadi dalam proses presensi manual. Sistem ini dirancang dengan menggunakan use case diagram, use case narrative, class diagram, activity diagram, sequence diagram, deployment diagram, dan rancangan UI (User Interface), sedangkan pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode black box guna mengetahui sejauh mana fungsionalitas dari sistem yang telah dibangun. Dari hasil pengujian black box dapat disimpulkan bahwa sistem presensi yang dikembangkan dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan presensi dengan memanfaatkan teknologi NFC yang terdapat pada perangkat mobile. Mahasiswa hanya perlu melakukan tap ke NFC tag yang telah disediakan di dalam ruang kuliah. Selain itu, sistem ini dapat digunakan mahasiswa untuk mengirim izin perihal ketidakhadirannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

melekit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of Information Technology is welcome, which includes, but is not limited to Information System in Application, Machine Learning & Soft Computing, Multimedia & Game Technology, ...