ujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dengan metode bernyanyi di taman kanak-kanak Raudhatul Atfal Aisyiyah Mundan tahun ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan masing-masing siklus terdapat tiga kali pertemuan,observasi dan refleksi sebagai subjek penelitian adalah siswa di Raudhatul Aisyiyah Mundan. Teknik analisis data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara anak dengan metode bernyanyi pada siswa Raudhatul Aiysiyah Mundan tahun ajaran 2016/2017 dengan perolehan nilai ketuntasan dari pra siklus yang tuntas ada 4 siswa (13,3%), pada siklus I ada 10 siswa (33,3%), dan pada siklus II ada 22 siswa (73,3%). Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan metode bernyanyi yaitu dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak pada siswa Raudhatul Aisyiyah Mundan Tahun ajaran 2016/2017.
Copyrights © 2019