JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 3 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Taufik (Unknown)
Erwin (Unknown)
Husnul Khatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran dengan memanfaatkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)bertujuan untuk memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk melakukan langkah-langkah berpikir kreatif, ilmiah dengan cara mengumpulkan data dari hasil pembelajaran, kemudian mahasiswa dapat menafsirkan, menganalisis, dan akhirnya sampai pada suatu kesimpulan, sehingga diharapkan prestasi belajar mahasiswa menjadi meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research), dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi: Buku Ajar, RPS, Worksheet serta instrument kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang mengacu pada model 4-D (Define, Design, Develop, dan Deisemination). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, Perangkat Pembelajaran Model CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra ”Mantra Mbojo” untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa diketegorikan “baik”, karena keenam kriteria perangkat pembelajaran yang baik terpenuhi, yaitu: (a) Valid menurut validator, (b) Efektif untuk kemampuan Peneliti/Dosen mengelola pembelajaran, (c) Efektif untuk aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, (d) Positif untuk respon mahasiswa terhadap pembelajaran, (e) Valid, reliabel, dan sensitif untuk THB, dan (f) Ketuntasan belajar secara klasikal tercapai.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...