JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 6 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Evaluasi Program Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Berbasis Daring di SMA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo

Nisa, Khoirun (Unknown)
Mustahal, Muhammad (Unknown)
Fuadah, Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2021

Abstract

Evaluasi merupakan kegiatan sistematik yang dilakuakan untuk memperoleh dan menyajikan informasi guna mengambil keputusan. Evaluasi juga dapat menjadi tolak ukur sejauh mana tujuan pendidikan tercapai. Sehingga dalam setiap program memerlukan evaluasi guna mengetahui ketercapaian tujuan termasuk penilaian akhir tahun (PAT) berbasis daring yang diadakan oleh SMA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo. Ada berbagai macam model evaluasi, namun dalam penelitian ini peneliti memilih model CIPP (Context, Input, Process,dan Product). Model ini dipilih karena dirasa memudahkan dalam melakuakn evaluasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di SMA Takhasus Al-Qur’an yang terletak di Jalan KH. Asy’ari No. 29 Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh langsung dari Waka. Kurikulum dan beberapa siswa SMA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo. Sedangkan untuk data sekunder penulis peroleh dari web, artikel dan lain sebagainya yang terkait dengan SMA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo. Setelah pengumpulan data, maka tahap selanjutnya adalah tahap analisa yang akan penulis analisis dengan metode analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PAT berbasis daring berjalan cukup lancar hanya saja mengalami beberapa hambatan di bagian koneksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...