JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 8 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa STTIKOM Insan Unggul

Herawati, Hetty (Unknown)
Yusta, Afrasim (Unknown)
Sianturi, Susy Katerina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan media Pembelajaran Berbasis Web terhadap motivasi belajar Mahamahasiswa STTIKOM Insan Unggul 2) Pengaruh penggunaan media Pembelajaran Berbasis Web terhadap hasil belajar Mahasiswa STTIKOM Insan Unggul. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pembelajaran web untuk kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional untuk kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah demonstrasi. Setelah proses pembelajaran selesai, hasil belajar siswa akan diukur dengan tes dan motivasi dari siswa akan diukur dengan angket. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh ini menunjukkan bahwa data pre-test serta data posttes motivasi kedua Kelas > 0,05, dengan demikian dapat dikatakan kedua data homogen. Selanjutnya dapat disimpulkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang signifikan baik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis web. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...