Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Swasta Persiapan Stabat pada materi Fungi. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan praktikum dan hasil belajar peserta didik dengan skor 0,775. diharapkan guru dapat menemukan model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa, masukan bagi guru-guru khususnya guru bidang studi Biologi agar melakukan pembelajran melalui pelaksanaan praktikum, masukan bagi peneliti dan peneliti lainnya yang berminat meneliti tentang hubungan pelaksanaan praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswanya khususnya bidang studi Biologi, selain itu juga ada manfaat yang dapat diperoleh yaitu, dapat menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran khususnya untuk pelaksanaan praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswa, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi
Copyrights © 2021