Jurnal Sintaksis : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis

ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 STABAT

Haryati (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Sampel yang digunakan adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Variabel yang diukur adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari skor post test yang diuji. Aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji menunjukkan bahwa pembelajaran biologi model Problem Based Learning memiliki hubungan yang kuat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis aktivitas siswa secara deskriptif menunjukkan bahwa kelas ekskperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran biologi model problem based learning berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sintaksis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sintaksis adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintaksis terdiri dari empat rumpun ilmu yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Bahasa ...