Jurnal Sintaksis : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris
Vol 2 No 2 (2020): jurnal sintaksis

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Titin Rahmayanti Rambe (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)
Asih Wahyuni (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)
Ripa Dayanti Br Ginting (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA di MIN 9 Medan. Penelitian yang gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksankan dalam 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil keterlaksanaan model pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklus I sebesar 66,0% dalam kategori cukup menjadi72,5% pada siklus II dalam kategori baik. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,4% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 80,7 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan IPA siswa kelas V MIN 9 Medan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sintaksis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sintaksis adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintaksis terdiri dari empat rumpun ilmu yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Bahasa ...