Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player. Tempat pelaksanaan penelitian di salah satu SMK di wilayah Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sampel X OTKP 1 yang terdiri dari 31 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini akan dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan memiliki komunikasi yang baik dan sebagian besar memilki handphone. Hasil penelitian menunjukkan respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player memperoleh skor total sebesar 1027 berada pada kategori “Baik”. Selain itu jawaban peserta didik juga bervariasi, ada yang berpendapat bahwa metode yang dapat diterima oleh peserta didik karena dapat mempermudah memahami materi adalah pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player, pembelajaran secara langsung dan google classroom. Tetapi secara keseluruhan pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player merupakan pembelajaran yang menarik, hanya saja terkendala dengan jaringan internet, kuota internet dan beberapa peserta didik yang tidak memiliki handphone. Kata-kata kunci: Pembelajaran, Whatsapp, Flash Game Player.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020