MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHANSISWA DALAM MENYELESAIKANSOALMATEMATIKA PADAPOKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KUALA

Waluyo, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2019

Abstract

Abstrak: Persamaan linear dua variabel merupakan suatu mata pelajaran matematika yang di sajikan untuk mengetahui dimana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa/i mengalami kesalahan, apa saja kesalahan siswa/i dan penyebab kesalahan saat menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII yang berjumlah 38 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 orang. Sampel yang di gunakan simple Random Sampling atau simple sederhana adalah teknik pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu daftar nilai pegangan guru yang ada pada guru matematika kelas VIII, wawancara guru, tes soal persamaan linear dua variabel untuk mengetahui secara jelas kesalahan siswa dan wawancara siswa untuk mengetahui secara langsung yang dialami siswa terjadi kesalahan menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Setelah mendapatkan data-data yang diperlukan untuk menganalisis. Langsung merekapitulasikan dan dianalisis. Setelah mendapatkan hasil menganalisis peneliti mendiskusikan untuk mencari solusi atas terjadinya kesalahan siswa menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Dari sebuah penelitian ini peneliti lakukan di SMP Negeri 5 Kuala dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat siswa/i yang belum bisa menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan linear dua variabel, jenis-jenis kesalahan siswa antara lain; kesalahan menarik garis pada grafik, kesalahan menarik garis, kesalahan dalam menafsirkan operasi, kesalahan interprestasi bahasa, kesalahan tidak menyelesaikan jawaban, kesalahan dalam menyelesaikan subtitusi dan kesalahan perhitungan. Penyebabnya; kurang teliti, belum paham dengan materi, kurang memahami kalimat, tidak bisa membagi waktu, kurang memahami bentuk perkalian keadaan tonus jasmani, kecerdasan, kurang motivasi, kurang minat, sikap dan bakat. Kata-kata kunci  : Analisis, kesalahan, soal, persamaan linear.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...