Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan efektivitas media e-learning berbasis schoology sebagai suplemen pembelajaran matakuliah trigonometri. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prodak divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi yang komponten dimasing-masing bidang. Sasaran uji coba  prodak adalah mahasiswa program studi Pendidikan matematika semester III. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi , angket respon pendidik dan mahasiswa, serta tes hasil belajar, Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitaf dengan menganalisis kevalidan, kemenarikan, serta menggunakan effect size untuk perhitungan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata ahli materi yaitu 3,57 sedangkan rata-rata ahli media yaitu 3,39, sehingga dikatagorikan valid dan layak digunakan. Respon pendidik memperoleh skor 2,95 dikatagorikan menarik sedangkan skor rata-rata uji coba skala kecil yaitu 3,47 serta rata-rata uji coba skala besar yaitu 3,27 sehingga uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dikatagorikan sangat menarik. Hasil tes belajar yang dilakukan dengan pemberian pretest dan posttes dengan menggunakan perhitungan effect size (Es) diperoleh Es = 0,79 yang selanjutnya diinterprestasikan tergolong dalam katagori sedang untuk efektivitas. Berdasarkan data di atas maka produk yang dikembangkan sudah efektif dan menarik sebagai suplemen pembelajaraan. Kata Kunci : Pengembangan, Media E-learning, Schoology, Matematika
Copyrights © 2021