MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 TELUK JAMBE BARAT

Yuniar, Eriza Dwi (Unknown)
Ramlah, Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Abstrak:Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peningkatan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Teluk Jambe Barat, KarawangTahunAjaran 2019. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur tingkat kepercayaandirisiswadalammatapelajaranmatematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa ditemukan sebagian besar siswa belum percaya diri dalam mengerjakan soal matematika secara individu karena terlalu sulit dan juga butuh bantuan pada teman, siswa juga belum berani dalam mengerjakan soal atau mengemukakan pendapatnya di depan kelas karena merasa gugup, dan takut ditertawakan temannya bila jawabannya salah, siswa juga belum berani bertanya kepada guru bila ada materi yang susah dipahami. Hal ini menunjukan bahwa rendahnya kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika dikelas. Kata-kata kunci: Kepercayaan Diri, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...