Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 1 (2022): January 2022

Pengaruh Supervisi dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir

Teddy Okto Prahara (Universitas Terbuka Indonesia)
Iqbal Miftakhul Mujtahid (Universitas Terbuka Indonesia)
Tita Rosita (Universitas Terbuka Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang bersumber dari guru. Data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi dan Peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir, dimana Fhitung (61,101) > Ftabel (1,654). Berdasarkan koofisien determinasi (R Square) = 0.441 atau 44,1%. Besar pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir sebesar 44,1% berada pada tingkat sedang. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran supervisi  terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir, dimana Fhitung (6,173) > Ftabel (1,654). Berdasarkan koofisien determinasi (R Square) = 0.440 atau 44%. Besar pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir sebesar 44% berada pada tingkat sedang. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir, dimana Fhitung (5,417) > Ftabel (1,654). Berdasarkan koofisien determinasi (R Square) = 0.403 atau 40,3%. Besar pengaruh supervisi dan peran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir sebesar 40,3% berada pada tingkat sedang.  Kesimpulan dari penelitian ini bahwa supervisi dan peran kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di kecamatan Rumbai Pesisir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...