ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 4, No 1 (2021): Juni

Analisis Implementasi Bauran Pemasaran dalam Perspektif Islam di Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo

Dhika Amalia Kurniawan (Universitas Darussalam Gontor)
Moch Dendhy Pratama (University of Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Keberlangsungan suatu bisnis usaha mikro pada persaingan era globalisasi didukung oleh bagaimana maksimalnya pelayanan kepada konsumen. Namun, penerapan bauran pada swalayan umum tidak bias menjamin kehalalan dan kesyariah bagi konsumen muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pemasaran islam dan bauran pemasaran dalam perspektif Islam di Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo telah menerapkan sebagian nilai-nilai hikmah, kebutuhan, halal, persetujuan timbal balik, dan kesejahteraan (falah). Disamping itu, Perusahaan Bintang Swalayan Ponorogo juga telah menerapkan sebagian komponen bauran pemasaran dalam perspektif Islam yang meliputi : produk, harga, tempat dan promosi. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pemasaran Islam, Bauran Pemasaran dalam   Perspektif Islam, Bintang Swalayan Ponorogo 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASSET

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Asset: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a journal published by the Department of Management, Faculty of Economics of Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UNMUH Ponorogo) in collaboration with Universitas Muhammadiyah Ponorogo Research and Community Service. Published twice a year (Juni and Desember), ...