Strap pada aki mempunyai peran atau fungsi vital dalam sistimpenyimpananaruslistrikuntuk sebuah kendaraan bermotor. Strap pada aki merupakangabungan pelat–pelat elektroda yang menjadi satu sel dalam sistim penyimpananarus pada aki kendaraan bermotor. Strap dibuat dengan cara menghubungkan pelat–pelat logamtimbal yang bermuatannegatif dengan positif melalui proses pengelasan.Kegagalan dari proses pembuatan akan menghasilkanproses [enyimpanan arus yang tidak sempurna, sehingga aki tidak berfungsi. Sekecil apapun angka kegagalan produk strapaki tersebut akan mengurangi nilai jual dan image dari sebuah perusahaan manufaktur aki. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian sebab terjadinya patah pada strap aki ditinjau dari segi pembuatannya, disain, material, serta operasinya agar patah yang sama tidak terulang kembali.Berdasarkan analisa hasil pengujian patah yang terjadi pada strap aki adalah karena komposisi unsur kimia yang ada di lead alloy tidak sesuai standard. Dan terjadinya Stress Corrosion Cracking (SCC)  sertaHydrogen Embrittlement. Hal inidipengaruhi oleh difusihidrogendarieksternal, yaituover charge.
Copyrights © 2018