Tingkat pengetahuan tentang pengasuhan dengan peran ayah dalam pendampingan belajar anak sangat mempengaruhi perilaku anak. Dibutuhkan perubahan perilaku, dan motivasi untuk menciptakan kesadaran pada diri ayah agar lebih peduli terhadap peran ayah dalam proses pengasuhan danpendampinganbelajardirumah. Tujuan penelitian ini untuk megetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang pengasuhan dengan peran ayah dalam pendampingan belajar dirumah. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 responden dari populasi 29 menggunakan teknik sampling Purposive Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner. Data dianalisis menggunakanuji spearman rank untuk mengetahui apakah ada hubungan atau tidak. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan tentang pengasuhan sebagian besar reponden kategorinya cukup (63.0%). Sedangkan peran ayah dalam pendampingan belajar dirumah hampir seluruh responden kategorinya baik (92.6%). Hasil analisis menggunakan spearman rank diketahui p-value=0.003 α=0,05. Artinya ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang pengasuhan dengan peran ayah dalam pendampingan belajar di rumah. Berdasarkan nilai coefficient correlation (r)0.552 termasuk dalam tingkat hubungan kuat dan arah hubungan positif. Maknanya semakin baik tingkat pengetahuan tentang pengasuhan maka semakin baik pula peran ayah dalam pendampingan belajar dirumah. Peran ayah akan membentuk dan mempengaruhi terhadap pengasuhan dan pendampingan belajar di rumah. Diharapkan seluruh ayah dapat meningkat perannya dalam pendampingan belajar di rumah dengan pengetahuan tentang pengasuhan dengan lebih aktif dalam mengasuh dan mendampingi di rumah selama masa pandemi COVID-19.
Copyrights © 2021