Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Pendidikan Almuslim

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEWANTARA PADA KONSEP HUKUM NEWTON

M. Taufiq (Unknown)
Khairul Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2016

Abstract

Pada umumnya masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, guru terlibat aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa hanya menerima pembelajaran secara pasif. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran Accelerated Learning memberi kesempatan kepada siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.Tujuan  Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dewantara pada konsep hukum Newton melalui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning. Penelitian eksperimen semu dengan desain one group design. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X mandiri SMA Negeri 1 Dewantara. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh thitung (17,9) > ttabel (1,70) pada taraf signifikan 0,05 dengan dk (N -1) = 29. Kata kunci: Accelerated Learning, hasil belajar, hukum Newton

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...