Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Almuslim

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GANDAPURA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING PADA KONSEP TEKANAN

M. Taufiq (Unknown)
Zulyani Zulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gandapura pada konsep tekanan melalui penerapan model pembelajaran Problem Possing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gandapura yang berjumlah 17 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKS, RPP, tes, lembar observasi dan angket respon siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan diamati oleh dua orang pengamat yang mengamati aktivitas guru dan siswa. Disetiap akhir siklus dilaksanakan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Tes kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa disetiap siklusnya, siklus I memperoleh persentase 14,3%, siklus II memperoleh persentase 35,7% dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 92,9% tergolong dalam kategori sangat baik. Selain itu aktivitas guru siklus I persentase yang diperoleh 70,5%, siklus II memperoleh persentase 81,1%  dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 90,3% tergolong dalam kategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 68,1%, siklus II 78,3% dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 85,6% tergolong dalam kategori baik.   Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran Problem Possing.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...