Penelitian tentang upaya meningkatan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi cahaya dan sifat-sifatnya, yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa terhadap model Discovery Learning pada materi cahaya dan sifat-sifatn . Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitati deskriptis denga jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Analisis data menggunakan rumus statistik sederhana dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase hasil analisis keterampilan proses siswa sebesar 60% pada siklus I dan meningkat pada siklus II yaitu 88,6 % melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Rata-rata aktivitas belajar guru pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92 %, sedangkan kegiatan siswa pada siklus I sebesar 66% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,5%. Peningkatan tersebut semakin diperkuat dengan respon siswa yang mengatakan mereka senang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning. Kata kunci : Keterampilan Proses, Model Discovery Learning.
Copyrights © 2018