Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 7 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Almuslim

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL PELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 JULI KABUPATEN BIREUEN

Zahara Zahara (Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim)
Marwan Hamid (Unknown)
Muntasir Muntasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Study ini berjudul: Hubungan Interaksi Sosial Pelajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Juli Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini adalah: untuk menjelaskan data tentang hubungan interaksi sosial pelajar terhadap hasil belajar siswa IPS terpadu di SMP Negeri 2 Juli Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam peneilitian ini adalah kuantitatif yaitu dapat diartikan sebagai penelitian yang datanya berupa angka-angka, teknik pengumpulan sampelnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, dan dianalisis dengan menggunakan statistis untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan jenis penelitian adalah assosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang dihubungkan, variabel bebas yaitu motivasi siswa dalam belajar dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada materi IPS terpadu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Simple Korelation. ”. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas I sampai kelas VIII Negeri 2 Juli dengan jumlah sebanyak 209 orang. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh menurut rumus Isoac Maichel, maka besarnya sampel yang dipilih sebanyak 52` orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan interaksi sosial pelajar terhadap hasil belajar siswa IPS terpadu di SMP Negeri 2 Juli. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh nilai thitung 1,74 > ttabel  1,71. Kata Kunci : Interaksi Sosial Pelajar, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...