Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 8 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Almuslim

ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 2 PEUSANGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI VEKTOR

M. Taufiq (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim)
Fatimah Fatimah (Unknown)
Nita Zahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2020

Abstract

Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning yang bertujuan untuk melihat ketuntasan belajar siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Peusangan pada materi vektor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X, sedangkan sampelnya diambil 1 kelas secara acak yaitu kelas X IPA 3. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes essay yang diberikan setelah treatment dengan proses pebelajaran menggunakan model Discovery Learning selesai dilakukan. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dan membandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh sebesar 96,4%. Hal ini berarti terjadi penggunaan model discovery learning berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa mengenai materi vektor. Kata Kunci: Discovery Learning, ketuntasan belajar, vektor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...