YUME : Journal of Management
Vol 4, No 3 (2021)

Pengaruh Subjective Norm, Halal Logo, Convenience dan Attitude terhadap Online Intention to Shop pada Skincare Halal di Kota Batam

Lily Purwianti (Unknown)
Lionisa Verlinsya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh subjective norm, halal logo, convenience dan attitude terhadap online intention to shop pada skincare halal di kota Batam. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu subjective norm, halal logo, convenience dan attitude towards online shopping. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah online intention to shop. Metode purposive sampling digunakan pada penelitian ini dimana responden merupakan masyarakat di kota Batam yang memiliki usia 15 sampai 69 tahun yang menggunakan skincare halal merEk luar negeri. Sebanyak 405 orang menjadi bagian dari sampel penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 26 untuk analisa demografi data responden, serta penggunaan software SmartPLS versi 3.0 untuk uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjective norm, convenience, dan halal logo memiliki pengaruh signifikan positif terhadap attitude towards online shopping. Subjective norm tidak memiliki pengaruh signifikan positif terhadap intention to shop online. Dan attitude towards online shopping memiliki pengaruh signifikan positif terhadap intention to shop online.  Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan produk perlu mendorong norma subyektif, logo halal, kenyamanan dan tingkah laku bagi para pelanggan untuk meningkatkan pembelian produk skincare halal. Dengan adanya hal tersebut, maka konsumen akan bersedia untuk membeli dan menggunakan produk skincare halal.Kata Kunci: Subjective Norm; Convenience; Halal Logo; Attitude towards Online Shopping; Intention to Shop Online

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...