Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 5 No. 1: JANUARY 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pasien BPJS : Effect of Service Quality on BPJS Patient Trust and Satisfaction

Safitri Puji Rahayu (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Nuryakin (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Arni Surwanti (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Di Indonesia kepuasan terhadap pelayanan fasilitas kesehatan masih menjadi permasalahan yang sering di keluhkan oleh masyarakat, Fasilitas layanan kesehatan publik di era jaminan kesehatan nasional (JKN) masih banyak kelemahan, kondisi ini dapat di lihat dan di nilai dari banyaknya keluhan masyarakat pengguna BPJS. Untuk itu, rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan untuk tetap berjalan efektif agar menimbulkan adanya kepercayaan dan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan pasien BPJS di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah Semua pasien pengguna layanan BPJS Poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal sebanyak 130 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan SEM dengan software AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan pasien BPJS Poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...