Jurnal Citra Pendidikan
Vol 1 No 2 (2021)

PENGEMBANGAN TUJUAN PEMBELAJARAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN MORRISON ROOS DAN KEMP PADA KURIKULUM 2013 PAUD KELOMPOK A DAN B DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI TAHUN AJARAN 2019/2020

Marselina Meo Sewu (STKIP Citra Bakti)
Konstantinus Dua Dhiu (STKIP Citra Bakti)
Karmelia Rosfinda Meo Maku (STKIP Citra Bakti)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

ABSTRAK Anak usia dini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia. Masa ini merupakan periode sensitif karena mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya. Pada masa ini anak siap melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memahami dan menguasai lingkungannya. Agar pembelajaran yang diselenggarakan di lembaga pendidikan anak usia dini memiliki peran strategis maka perlu dilakukan pengembangan tujuan pembelajaran. Pengembangan tujuan pembelajaran adalah salah satu cara penemuan proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran yang baik harus didukung dengan perencanaan yang baik sehingga mulai dari persiapan dan pengevaluasian terhadap proses pembelajaran akan lebih terarah dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan perangkat pembelajaran mengenai tujuan pembelajaran aspek Sosial Emosional berdasarkan Model Pembelajaran Morrison Ross Dan Kemp pada kurikulum 2013 kelompok A dan B di PAUD Terpadu Citra Bakti, (2) mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan tujuan pembelajaran aspek Sosial Emosional berdasarkan Model Pembelajaran Morrison Ross Dan Kemp pada kurikulum 2013 kelompok A dan B diPAUD Terpadu Citra Bakti. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAUD kelompok A dan B yang ada di Kecamatan Golewa. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji coba ahli materi ada pada kategori sangat baik, uji coba ahli desain pembelajaran ada pada kategori baik, uji coba ahli bahasa ada pada kategori sangat baik. DEVELOPMENT OF EMOTIONAL SOCIAL ASPECT LEARNING OBJECTIVES BASED ON THE MORRISON ROOS AND KEMP LEARNING MODELS IN THE 2013 CURRICULUM OF KINDERGARTEN IN GROUP A AND B AT DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI Abstact The childhood are in gold period in along the age range human development. This period is sensitive period, during this period the children specifically receptive stimulating from the environment. This period is a sensitive period because it easily accepts stimuli from the environment. At this time children are ready to carry out various activities in order to understand and master their environment. In order for learning held at early childhood education institutions to have a strategic role, it is necessary to develop learning objectives. The development of learning objectives is one way of finding a good learning process. Good learning must be supported by good planning so that starting from preparation and evaluating the learning process will be more focused and right on target. This study aims to: (1) produce learning tools regarding the learning objectives of the Social Emotional aspects based on the Morrison Ross and Kemp Learning Model in the 2013 curriculum for groups A and B in PAUD Citra Bakti, (2) determine the quality of product test results for the development of social aspects of learning objectives Emotional based on Morrison Ross and Kemp's Learning Model in the 2013 curriculum for groups A and B at the Citra Bakti Integrated PAUD. The subjects in this study were PAUD teachers groups A and B in Golewa District. The results showed that the material expert trial was in the very good category, the learning design expert trial was in the good category, the linguist trial was in the very good category.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...