MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Vol 2 No 2 (2021): Manajemen Pendidikan Islam Abad 21

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN KHALAF

Hinggil Permana (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nurwadjah Ahmad EQ (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Andewi Suhartini (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Pendidikan karakter yang dilaksanakan di pesantren khalaf yang mewajibkan siswanya tinggal di asrama merupakan sebuah solusi untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui pola pengasuhan dan keteladanan, dimana pihak sekolah dapat melaksanakan pola pengasuhan sepanjang hari dan kepala sekolah serta guru-guru bertindak sebagai tokoh-tokoh teladan yang dapat diteladani oleh para siswa selama berada dalam lingkungan pendidikan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Manajemen pendidikan karakter yang dilaksanakan di Pesantren Khalaf melalui pola pengasuhan dan keteladanan dengan harapan output dari pendidikan adalah siswa yang memiliki karakter kuat. Manajemen pendidikan karakter melalui pola pengasuhan dan keteladanan, instrumental input dalam penelitian ini berupa kebijakan yayasan dan sekolah, visi dan misi sekolah, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah maupun asrama, Pengaruh lain yang akan berdampak pada proses pendidikan karakter di Pesantren Khalaf adalah environment input yaitu pola pengasuhan dalam lingkungan keluarga, budaya sekitar sekolah dan globalisasi informasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

muntazam

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Muntazam : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Muntazam berfokus pada pengembangan studi manajemen pendidikan Islam yang dilakukan melalui riset pustaka dan riset lapangan.  Ini ...