Journal Coaching Education Sports
Vol 1 No 1 (2020)

Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani terhadap Motor Ability dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sahabuddin (Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Makasar, Indonesia)
Hikmad Hakim (Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Makasar, Indonesia)
Ahmad Rum Binsar (Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Makasar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kontribusi kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap motor ablity dan hasil belajar pada murid SD Negeri di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional. Populasinya adalah siswa putra SD Negeri di Kabupaten Pinrang dengan sampel berjumlah 100 orang siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Ada kontribusi kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap motor ability pada murid SD Negeri di Kabupaten Pinrang sebesar 57,1%, Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memiliki kontribusi terhadap motor ability murid SD Negeri di Kabupaten Pinrang, dan (2) Ada kontribusi kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap hasil belajar pada murid SD Negeri di Kabupaten Pinrang sebesar 71,5%. Hasil ini menunjukkan analisa bahwa kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memiliki kontribusi terhadap hasil belajar murid SD Negeri di Kabupaten Pinrang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JCESPORTS

Publisher

Subject

Education

Description

Focus: Journal Coaching Education Sports mainly focuses on disseminating conceptual thoughts or idea and research results that have been archieved in the area of sport. Scope: Journal Coaching Education Sports particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sports ...