Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli melalui model pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: Perencanaan (plan), Pelaksanaan tindakan (action), Pengamatan (observe), Perbaikan atau refleksi (reflect). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kediri dengan jumlah 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi servis atas bolavoli. Data hasil unjuk kerja servis atas bolavoli siklus I dan test siklus II, hasil ditentukan berdasarkan ketuntasan individu, ketuntasan klasikal. rerata kemampuan siswa. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar siklus pertama ke siklus kedua yaitu sebesar 46,925%. Hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa penerapan model belajar kooperatif Student Team Archievement Division (STAD) efektif untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Kediri.
Copyrights © 2020