Kota Magelang merupakan kota kecil di Jawa Tengah dengan luas 18,12 km2 yang berpotensi mengembangkan pariwisata di daerahnya dengan daya tarik wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, wisata belanja, wisata kuliner dan wisata minat khusus yang diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap PAD. Namun demikian ternyata sektor pariwisata di Kota Magelang belum dikembangkan secara optimal, terbukti masih rendahnya kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD, sehingga diperlukan strategi pengembangan Pariwisata untuk meningkatkan PAD. Tujuan penelitian adalah menganalisis strategi pengembangan pariwisata guna meningkatkan PAD. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan dengan teknik observasi wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang dapat dilakukan adalah komitmen pemerintah mengenai fokus pembangunan pariwisata daerah, meningkatkan kemitraan dan hubungan antar lembaga dalam pengelolaan pariwisata, serta menyusun manajerial yang terpadu dan profesional di setiap objek wisata dalam rangka mengoptimalkan kegiatan pemasaran dan promosi pariwisata Kota Magelang. Strategi – strategi tersebut dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan PAD Kota Magelang. Kata kunci: Strategi, Pariwisata, Pendapatan Asli Daerah, Kota Magelang
Copyrights © 2021