newline"> Dalam penelitian berjudul “Aplikasi Data Mining untuk Analisis Membangun StrategiMarketing dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Teorema Bayes (Studi Kasus: STMIK BinaPatria Magelang)” ini dikembangkan sebuah aplikasi data mining yang bertujuan untukmemudahkan tim marketing STMIK Bina Patria Magelang dalam menganalisa media promosi yangdipergunakan dan hasil analisa tersebut dapat dipergunakan untuk perencanaan marketing ke depan.Pengembangan aplikasi dilakukan dengan pendekatan berorientasi objek menggunakan UML(Unified Modelling Language), sedangkan proses data mining menggunakan CRISP-DM (CrossIndustry Standard Process for Data Mining).Berdasarkan hasil pengujian terhadap fungsional sistem menggunakan metode blackbox¸ diperoleh hasil bahwa semua fungsionalitas sistem sudah berjalan sebagaimana yangdiharapkan. Pada pengujian terhadap hasil analisa data mining, dilakukan pengujian menggunakandata frekuensi media promosi “Acara di Sekolah” pada kabupaten Magelang. Hasil pengujianmenggunakan aplikasi dan perhitungan secara manual menunjukkan hasil yang sama.Dapat disimpulkan bahwa aplikasi data mining yang dikembangkan sudah memenuhiseluruh fungsionalitas yang diharapkan dan hasil analisa yang diperoleh adalah valid. Hasil analisaberupa prediksi probabilitas frekuensi media promosi untuk kabupaten/ kecamatan tertentu sertagrafik frekuensi media promosi akan sangat membantu dalam menyusun strategi marketing, agarlebih terfokus dan tepat sasaran, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya marketing.
Copyrights © 2014