JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Vol 5, No 2 (2021): JPEKBM (DESEMBER,2021)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 4 DI SMAN 1 AROSBAYA

Jailani Jailani (STKIP PGRI Bangkalan)
Manah Tarman (STKIP PGRI Bangkalan)
Ika Lis Mariatun (STKIP PGRI Bangkalan)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan  penelitian  dan  pengembangan (Research and Development) atau R & D dengan menggunakan model ADDIE. Jenis penelitian dan pengembangan ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut, yang termasuk dalam kajian tekstual. Menggunakan sumber data Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS 4 di SMAN 1 Arosbaya dengan data penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis website. Penelitian ini juga menggunakan alur penelitian analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Dengan prosedur pengumpulan data yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Hasil penilaian oleh ahli materi, penilaian media pembelajaran berbasis website dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,16 termasuk dalam kategori sangat layak, demikian juga dengan aspek kemanfaatan memperoleh skor sebesar 4 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Ahli media menilai media dari aspek desain website memperoleh skor sebesar 3,37  termasuk dalam kategori sangat layak, aspek tata letak isi memperoleh skor sebesar 3,33 temasuk dalam kategori sangat layak, dan aspek ilustrasi  memperoleh skor sebesar 3,14 termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan praktisi pembelajaran akuntansi (guru) menilai media dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,4 termasuk dalam kategori sangat layak, aspek kemanfaatan memperoleh skor sebesar (guru) 3,5 dan (siswa) 3,81  termasuk dalam kategori sangat layak, aspek penyajian memperoleh skor sebesar (guru) 4,33 dan (siswa) 3,75 termasuk dalam kategori sangat layak dan aspek bahasa memperoleh skor sebesar guru 3,2 dan siswa 3,72 termasuk dalam kategori sangat layak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan ...