Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2018)

WORKSHOP TEACHING MATHEMATICS IN ENGLISH BAGI GURU-GURU SMP MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA

Abd Taram (Unknown)
Afit Istiandaru (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Pembelajaran matematika berbahasa Inggris merupakan salah satu skill tambahan menjadi guru yang unggul terutama di era globalisasi. Banyak sekolah juga memiliki program kelas unggulan dengan salah satu kriteria unggulannya adalah kelas berbahasa Inggris, salah satunya adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Untuk masuk kelas ini, siswa baru harus melewati seleksi Bahasa Inggris. Hal yang sama ditunjukkan oleh SMP Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sekolah-sekolah tersebut juga memberikan perhatian pada kemampuan berbahasa asing para siswanya. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan memotivasi guru agar mampu menyusun RPP dan menyiapkan materi matematika berbahasa Inggris. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop dan pendampinga. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para guru telah mampu menyusun RPP berbahasa Inggris hasil workshop dan kegiatan mandiri dengan baik. Adapun umpan balik yang diperoleh menunjukkan bahwa guru optimis tujuan workshop dapat tercapai. Daya dukung workshop berupa fasilitas ruang maupun fasilitas pendukung cukup memadai sehingga workshop bisa berjalan dengan lancar, baik, tepat waktu, dan menyenangkan. Persepsi peserta terhadap kebermanfaatan program juga baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmuad

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memiliki fokus pada hasil pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat, baik itu pengabdian dosen maupun KKN oleh mahasiswa. Selanjutnya, cakupan jurnalnya bisa dari berbagai bidang keilmuan, yang dapat memberikan banyak manfaat buat ...