Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

MEDIA PEMBELAJARAN SNAKE AND LADDERS APLIKASI ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MULITMEDIA

Parasianto Parasianto (STKIP PGRI SUMATERA BARAT)
Ranti Nazmi (STKIP PGRI SUMATERA BARAT)
Juliandry Kurniawan Junaidi (STKIP PGRI SUMATERA BARAT)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Snake And Ladder menggunakan aplikasi adobe Flash dan menganalisis tentang pengembangan, kelayakan serta praktikalitas media pembelajaran berbasis aplikasi pada mata pelajaran sejarah kelas X Multimedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan model 4-D meliputi 4 tahap, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Desiminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia yang mengikuti proses pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Sijunjung tahun ajaran 2021/2022 yaitu berjumlah sebanyak 36 siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi ini meliputi validasi dari para ahli yaitu ahli media, ahli pendidikan. Sehingga diperoleh data validasi media tingkat persentase 94% dengan predikat “Sangat valid”.Media pembelajaran berbasis aplikasi dinyatakan praktis setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket, dan dilakukan uji praktikalitas sehingga diperoleh hasil total skor 5457 dengan tingkat persentase senilai 91% dengan kategori “Sangat Praktis”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...