Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 1 (2021): Journal On Teacher Education

The Effect of Using Cooperative Learning Method through Talking Stick and Self-Confidence toward Speaking Ability

Yulia Pratiwi Restianti (Universitas PGRI Palembang)
Dita Adawiyah (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi penulis sebagai guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 6 Palembang. Hasil dari data awal menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh tidak dapat memenuhi kriteria standar keberhasilan. Tujuan dari metode pembelajaran kooperatif melalui tongkat bicara adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui tongkat bicara dan yang tidak. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan tongkat bicara terhadap siswa kelas sepuluh yang dipilih sebagai sampel dan dibagi rata menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kemampuan siswa dalam posttest pada kedua kelompok dibandingkan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam kaitannya dengan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol dan metode pembelajaran kooperatif melalui tongkat bicara memberikan efek positif pada siswa untuk meningkatkan berbicara mereka. Namun, ada pengaruh interaksi yang signifikan dari media dan kepercayaan diri terhadap kemampuan berbicara siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...