Artikel ini merupakan bagian dari penelitian terkait pengembangan e-modul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berorientasi keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah menengah pertama (SMP). Artikel ini mendeskripsikan salah satu hasil analisis kebutuhan yakni kajian penelitan terdahulu terkait penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yakni kajian artikel-artikel hasil penelitian terkait penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika yang dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian penelitian terdahulu disimpulkan bahwa e-modul telah banyak digunakan dalam pembelajaran fisika. E-modul dapat dirancang dengan menggunakan software 3D pageflip professional, adobe animate CC, sigil, kvisoft flipbook maker, exe-Learning, aplikasi berbasis android atau integrasi aplikasi CMS wordpress, situs berbagi video Youtube dan QMS classmarker. Pengembangan e-modul dalam pembelajaran fisika ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan proses sains, literasi sains, motivasi serta hasil belajar siswa. Hasil kajian ini dapat dimafaatkan sebagai acuan dalam melakukan pengembangan e-modul dalam pembelajaran fisika di masa yang akan datang. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021