Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Laboratorium Virtual PhET pada materi Elastisitas. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen dengan desain penelitian pretest –posttest one group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 32 siswa dalam satu kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes essai sebanyak 7 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan paired sample test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa 50,3 dan nilai rata-rata postest siswa 79,8. Hasil uji paired sample t-test mendapat nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000. Maka h0 ditolak dan ha diterima karena nilai sig 2-failed lebih kecil daripada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Laboratorium Virtual PhET pada materi elastisitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022