Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan saluran utama pendidikan kesehatan yang ada di sekolah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan membentuk perilaku hidup sehat, kemudian akan menghasilkan kesehatan peserta didik secara optimal. Sejak beberapa tahun berdiri program UKS MAN Parakan Temanggung belum pernah dilakukan evaluasi. Untuk mengetahui keefektifan dan keberhasilan program tersebut maka evaluator melakukan penelitian evaluasi pada program tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dalam hal ini mengenai evaluasi program UKS di sekolah MAN Parakan Temanggung. Model yang digunakan untuk evaluasi yaitu dengan model goal free evaluation.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu Pelayanan UKS MAN Parakan Temanggung kepada para pasien sudah efektif. Sarpras yang tersedia sudah lengkap namun perlu adanya perawatan dan pemeliharaan. Rekomendasi yang dapat evaluator berikan yaitu Manajemen Personalia : perlu dibenahi tentang penambahan personil dalam cabang kesiswaan / koordinator wakil siswa dalam bidang keehatan sekolah. Team Work : perlu adanya kerjasama antara guru pengampu dan pihak sekolah sesuai dengan tugas-tugas yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pelayanan: pelayanan yang sudah baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Dari hasil penelitian tersebut maka evaluator memberikan rekomendasi bahwa program UKS di MAN Temanggung perlu dilanjutkan dengan meningkatkan potensi pada teamwork, pelayanan, dan poersonalia.
Copyrights © 2021