Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas X MIPA I MAN 2 Aceh Besar dalam menulis teks naratif sesuai dengan struktur generik serta untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis teks naratif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA I sebanyak 18 siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Selain itu, dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa instrumen penelitian, seperti analisis dokumen yang digunakan untuk mengetahui apakah siswa menyusun teks naratif sesuai dengan struktur generiknya. Selain itu, penelitian ini juga amenggunakan focus group discussion (FGD) untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis teks narrative.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 peserta hanya 8 siswa yang menulis narasi mengikuti struktur generik. Selain itu, 10 di antaranya tidak menulis teks naratif berdasarkan struktur generik. Selain itu, hasil diskusi kelompok terarah menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki sedikit masalah dalam menulis. Misalnya, tidak memahami struktur generik, kurang memahami fitur bahasa, memiliki kosa kata yang terbatas untuk mengungkapkan ide-ide mereka, tidak memiliki ide, mengalami kesulitan dalam mengorganisasikan ide-ide, kurangnya pengetahuan tata bahasa, mengalami kesulitan untuk memilih kata-kata yang tepat, merasa sulit untuk mengeja kata, memiliki waktu terbatas, dan tidak menyukai mata pelajaran bahasa Inggris.
Copyrights © 2021