Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer
Vol. 2 No. 01 (2022): Artikel Riset Periode Februari 2022

Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring di Kelas Tinggi SDN 091262, Karangsari

Chintani Sihombing (Universitas Efarina)
Silvia Deva Anjely (Universitas Efarina)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring di kelas tinggi. Dalam pembelajaran daring kesiapan peserta didik sebagian sudah siap dan sebagian lagi belum siap dikarenakan masih ada peserta didik yang tidak memiliki handphone sebagai media untuk pembelajaran, kuota internet yang tidak memadai dan ada beberapa peserta didik yang tidak peduli sama sekali dengan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi. Instrumen penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi masih kurang siap, karena guru belum memiliki RPP dalam pembelajaran daring, penggunaan media pembelajaran serta mempersiapkan bahan ajar. Hal tersebut menyebabkan ketidaksinkronan antara guru dan peserta didik, karena guru tidak mempersiapkan RPP dan media pembelajaran dengan baik padahal peserta didik memiliki respon yang baik dalam pembelajaran meskipun mereka tetap tidak memahami materi yang diberikan oleh guru. Respon peserta didik dalam proses pembelajaran daring melalui aplikasi WhatsApp sangat baik. Para peserta didik merespon sangat baik ketika proses pembelajaran berlangsung. Efektivitas pembelajaran daring di kelas tinggi secara keseluruhan masih belum tercapai dengan baik dan masih belum berjalan efektif. Hal tersebut dikarenakan dalam perencanaan pembelajaran daring masih belum dilaksanakan sepenuhnya oleh guru. Perencanaan pembelajaran yang dimaksud seperti pembuatan RPP pembelajaran, penggunaan media pembelajaran serta mempersiapkan bahan ajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer (JPSK) merupakan jurnal akses terbuka nasional yang meliputi hasil kajian ilmiah interdisipliner, orisinal dan diulas oleh mitra bestari yang kompeten di bidangnya. Lingkup jurnal ini meliputi pendidikan sains baik teori dan praktek dengan bidang ilmu pendidikan ...