Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference Proceeding
Vol. 1 No. 1 (2020): Armoring the Youth to Contribute to the SDGs

Analisis Dampak Pandemi COVID-19 Bagi Guru Dalam Menerapkan Moda Daring pada Pembelajaran IPS SD

Meliyanti, Anisa (Unknown)
Maula, Luthfi Hamdani (Unknown)
Nurrochmah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi mengenai gambaran dampak pandemi covid-19 bagi guru dalam menerapkan moda daring khususnya pada pembelajaran IPS di kelas 4 sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif karena menganalisis suatu permasalahan yang terjadi. Pada penelitian kualitatif tidak bersifat menguji atau menolak suatu hipotesis, akan tetapi cenderung kepada menemukan permasalahan baru. Dalam penelitian ini responden sebanyak 3 orang guru di SDN Cipanengah CBM. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial ibu NK, ibu MA, dan ibu RN. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi berupa foto dan rekaman suara. Penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur dengan daftar pertanyaan yang disusun berdasarkan pengembangan literatur terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru kelas 4.1, 4.2, dan 4.3 di SDN Cipanengah CBM. Hasil dari penelitian ini terdapat dampak positif yang dirasakan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran moda daring berupa fleksibilitas dan hemat tenaga. Sedangkan dampak negatif yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran moda daring yaitu boros kuota internet, pembelajaran tidak tersampaikan secara penuh, dan tidak dapat melihat secara langsung proses belajar siswa sehingga menyebabkan proses penilaian tidak efektif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu lebih banyak terdapat dampak negatif dari pada dampak positif yang dialami guru dalam menerapkan moda daring pada pembelajaran IPS di kelas 4 SDN Cipanengah CBM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgrace

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

In the rapid progress of the world today, the contribution and role of the younger generation becomes a obligation to be present in every problem in the world. To deal with various problems, The Sustainable Development Goals (SDGs) are presented as a common goal for a better world to maintain the ...