Mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks adalah satu di antara mata kuliah keterampilan proses pembelajaran di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UMRAH. Mata kuliah ini memiliki cakupan materi yang luas, mulai dari teori, penerapan, hingga analisis kurikulum dan buku teks. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya diharapkan untuk paham, tetapi juga mampu berpikir kritis dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, dosen diharapkan mampu menyajikan pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan, pemahaman, serta kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dari penjelasan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran aktif (active learning) dengan metode kebaruan yaitu Personal Selling Presentation (PSP) yang diadopsi dari teknik pemasaran dalam bidang ekonomi dan mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran PSP pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan Dick Carey. Penelitian ini dilakukan dalam 10 tahapan yang terangkum dalam bentuk pengidentifikasian, perumusan, pengembangan dan perancangan, perevisian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen validasi, instrumen praktikalitas dan instrumen efektivitas. Berdasakan uji N-Gain, metode PSP cukup efektif untuk diterapkan pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks. Uji hipotesis juga menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes bahwa nilai meningkat setelah dilakukan perlakuan.Kata Kunci : Personal Selling Presentation, Telaah Kurikulum, Active Learning
Copyrights © 2019