JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 1 (2016): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PEMANFAATAN AUTOGRAPH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) AUTOGRAPH USE AS A LEARNING MEDIA WITH MATH APPLYING THE MODEL OF LEARNING BASED PROBLEM (LBP)

Nailul Himmi Hasibuan (Universitas Riau Kepualuan, Batam, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pemanfaatan autograph sebagai sumber belajar matematika yang dikombinasikan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pembelajaran yang dimulai dengan masalah dunia nyata sehingga siswa agar dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan kemampuan berpikir yang dimilikinya, dengan mengacu pada lima langkah pokok, yaitu: orientasi siswa pada masalah, mengorganisir siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Autograph adalah software software yang sangat serbaguna dan dinamis sebagai media pembelajaran untuk belajar dan mengajar matematika tingkat menengah berupa menggambar titik, ruas garis, vektor, garis, poligon, irisan kerucut, dan kurva dua dimensi. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan autograph dapat meningkatakan pemahaman konsep, penalaran, kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, PBL, dan  AutographThis paper examines the use of autographs as a source of learning mathematics combined with Problem Based Learning (PBL). Problem-based learning is a learning that begins with real world issues so that students in order to construct his own knowledge with the ability to think it has, with reference to the five main steps, namely: orientation of students on the issue, organizing students to learn, guiding the investigation of individual and group, develop and present the work and analyze and evaluate the problem-solving process. Autograph software is software that is very versatile and dynamic as a learning medium for learning and teaching mathematics in the form of a mid-level draw point, line segment, vector, line, polygon, conic sections, and two-dimensional curve. By implementing problem based learning model that utilizes autographs can increase the understanding of concepts, reasoning, critical thinking skills and students' mathematical communication.                          Keywords: Learning Mathematics, PBL, and Autograph

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...