Jurnal Ilmiah MADIYA: Masyarakat Mandiri Berkarya
Vol. 2 No. 2 (2021): Edisi November 2021

Pelatihan Pembukuan Sederhana Dan Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial (Aplikasi Tiktok) Di Kelurahan Babakan Pasar Bogor

ida Nurhayati (Unknown)
Rahmanita Vidyasari (Politeknik Negeri Jakarta)
Tetty Rimenda (Politeknik Negeri Jakarta)
Elly Mirati (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Mural Pulo Geulis, Desa Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan mencatat sederhana dan pelatihan pemasaran melalui media sosial dengan aplikasi TikTok. Hal ini dikarenakan masih banyak pelaku usaha yang tidak melakukan pencatatan keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran. Sehingga tidak jarang banyak pelaku usaha yang bangkrut, karena ketidaksesuaian antara pengeluaran dengan pemasukan. Selain itu, sejak merebaknya wabah virus corona, tak jarang banyak bisnis yang gulung tikar. Oleh karena itu, para pelaku usaha khususnya UMKM harus berpikir keras dengan menyesuaikan kondisi yang ada terutama dalam menentukan strategi pemasaran. Adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan penjualan dan pengetahuan masyarakat khususnya pelaku usaha UMKM mengenai pentingnya pembukuan sederhana dan pengetahuan pemasaran online melalui media sosial. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi. Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir. The implementation of community service was held in the Pulo Geulis Mural Village, Babakan Pasar Village, Central Bogor District, Bogor City. The forms of activities carried out are simple note-taking training and marketing training through social media with the TikTok application. This is because there are still many business actors who do not keep financial records such as income and expenses. So it is not uncommon for many business actors to go bankrupt, because of the incompatibility of expenditure with the income. In addition, since the spread of the corona virus outbreak, it is not uncommon for many businesses to go out of business. Therefore, business actors, especially MSMEs, must think hard by adjusting existing conditions, especially in determining marketing strategies. The existence of these activities can increase sales and public knowledge, especially MSME business actors regarding the importance of simple bookkeeping and knowledge of online marketing through social media. This is intended to increase sales even in the midst of a pandemic. Covid 19 which until now has not ended.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Madiya

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Fokus and Scope Jurnal ini merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel kegiatan pengabdian masyarakat peneliti, akademisi, praktisi, dan komunitas peduli masyarakat saat menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Scope publikasi adalah ...