Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Vol 4, No 2 (2020): Oktober 2020

PENGARUH PRAKTEK PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA

Sukarni, Sukarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2020

Abstract

Abstrak Penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal; (1) Mata pelajaran kimia dianggap sulit, (2) Peserta didik malas membaca, (3) Peserta didik kurang mampu menghafal, dan (4) Peserta didik mudah melupakan nama unsur. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah; ((1) Agar guru selalu berinovasi dalam meningkatkan strategi dan kualitas pembelajaran di kelas, dan (2) Supaya peserta didik dapat berpikir kritis, kreatif, cermat, percaya diri, dan dapat belajar dengan gembira dan menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran puzzle adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pelajaran kimia, di mana peserta didik melakukan sebagian besar kegiatan selama proses pembelajaran. Peserta didik belajar aktif, gembira, bekerja sama, saling membantu, saling memacu, berani bertanya dan berani mengajukan pendapat. Kesimpulan; Dengan belajar menggunakan media pembelajaran puzzle Tabel Periodik Unsur, peserta didik bisa mengingat dan membedakan jenis unsur, sehingga memudahkan peserta didik dalam mengelompokkan unsur, menuliskan senyawa yang berikatan ion dan kovalen. Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle, Tabel Periodik Unsur, Model Pembelajaran Kooperatif, Materi Pelajaran Ikatan Kimia SMA Kelas X.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalkpk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, ...