AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPA. Setelah dikaji dari beberapa sumber informasi, penyebabnya diantaranya yakni rendahnya motivasi belajar siswa. Perlu suatu upaya untuk meningkat motivasi belajar siswa, yakni dengan model pembelajaran inkuiri secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI SDN 06 Nyiur Melambai Jawai Selatan. Metode penelitian yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas. Proses kegiatan pembelajaran pada setiap siklus mengalami peningkatan dengan metode inkuiri secara berkelompok siswa dikelas VI A SDN 6 Nyiur Melambai lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPA. Terdapat peningkatan motivasi instrinsik dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri di Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 6 Nyiur Melambai dari baseline 18% ke siklus II 80% sebesar 62% dengan demikian kenaikan motivasi instrinsik termasuk kategori tinggi. Terdapat peningkatan motivasi ekstrinsik dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri  di Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 6 Nyiur Melambai dari baseline 28% ke siklus II  73% sebesar 45% dengan demikian kenaikan motivasi instrinsik termasuk cukup tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Berkelompok, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Copyrights © 2018