Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Vol 2, No 1 (2018): April 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Andriani, Lisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPA. Setelah dikaji dari beberapa sumber informasi, penyebabnya diantaranya yakni rendahnya motivasi belajar siswa. Perlu suatu upaya untuk meningkat motivasi belajar siswa, yakni dengan model pembelajaran inkuiri secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI SDN 06 Nyiur Melambai Jawai Selatan. Metode penelitian yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas. Proses kegiatan pembelajaran pada setiap siklus mengalami peningkatan dengan metode inkuiri secara berkelompok siswa dikelas VI A SDN 6 Nyiur Melambai  lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPA. Terdapat peningkatan motivasi instrinsik dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri  di Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 6 Nyiur Melambai dari baseline 18% ke siklus II 80% sebesar  62%  dengan demikian kenaikan motivasi instrinsik termasuk kategori tinggi. Terdapat peningkatan motivasi ekstrinsik dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri   di Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 6  Nyiur Melambai dari baseline 28% ke siklus II  73% sebesar  45%  dengan demikian kenaikan motivasi instrinsik termasuk cukup tinggi. Kata Kunci:  Model Pembelajaran Inkuiri Berkelompok, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalkpk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, ...