AbstrakKurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan IPA di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran IPA dan kurangnya kemampuan IPA guru, menjadi kendala di dalam pembelajaran IPA. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, bentuk RPP dan skenario pembelajaran IPA di kelas VIII SMPN 03 Sungai Kunyit, dengan menerapkan motode inkuiri, dengan tahapan sebagai berikut;(1) Guru meminta peserta didik mengamati objek yang diamati dan mengajukan pertanyaan; (2) Guru membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang secara heterogen; (3) Guru memberikan peserta didik mengajukan ide/masalah tentang objek yang diamati, guru memberikan tanggapan; (4) Guru mengarahkan peserta didik mengajukan hipotesis; (5) Guru membagikan LKPD dan mengarahkan peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan data dan menjawab pertanyaan pada LKPD dengan membaca referensi terkait; (6) Guru mengarahkan peserta didik untuk menguji hipotesis dengan melakukan eksperimen ; (7) Guru mengarahkan peserta didik menarik kesimpulan; (8) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai/poin terbaik; (9) Guru memberikan evaluasi; (10) Penutup. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran inkuiri, dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri, LKPD Scientific, Materi Gerak pada                   Makhluk Hidup, Kegiatan Pembelajaran
Copyrights © 2018