Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Vol 5, No 1 (2021): April 2021

PENERAPAN METODE PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN 12 PEMANGKAT

Rajali, Rajali (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Abstrak Pada era teknologi seperti sekarang ini kita sudah sangat jarang menulis tulisan , tulisan telah tergantikan dengan sms atau email, sehingga kemampuan siswa-siswi kita dalam menulis tulisan sangat rendah pada saat ini. Mereka lebih mahir menulis sms yang biasanya menggunakan Bahasa yang informal atau tidak resemi. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas I SDN 12 Pemangkat kecamatan Sukadana. Saat diberikan materi menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin siswa sangat kebingungan dan susah untuk menguasai teknik penulisan, dan tata ejaan dengan baik dan benar. Kenyataan tersebut juga bepengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi tersebut. Sebagian besar siswa stelah di evaluasi/diberikan latihan banyak yang mendapat nilai dibawah KKM untuk pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan yaitu 65. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru kelas diputuskanlah untuk melakukan suatu upaya perbaikan pembelajaran dengan meterapkan metode pemodelan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN 12 Pemangkat dalam menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin . Dengan harapan setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini kemampuan siswa kelas I SDN 12 Pemangkat dalam menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin mengalami peningkatan. Kata Kunci : Metode Pemodelan, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalkpk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, ...