Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 6, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VI 2018

PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN LABORATORIUM BAGI GURU IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DAN SWASTA ACEH BESAR

Nurlia Zahara (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Elita Agustina (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu sarana prasarana yang disiapkan untuk membantu peningkatan mutu pembelajaran. Pemanfaatan laboratorium dapat meningkatkan mutu pembelajaran.Selama ini guru Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta di Aceh Besar masih kurang memanfaatkan laboratorium, salah satu alasannya adalah kemampuan guru dalam menggunakan alat dan bahan masih kurang serta guru belum terbiasa membuat LKS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan laboratorium di sekolah mengah pertama. Sampel dalam penelitian ini adalah guru bidang studi IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan dengan angket dengan melihat tahapan pemanfaatan laboratorium dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan program kerja serta pengawasan dan evaluasi program kerja. DariĀ  hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahapan perencanaan pada kategori baik pengorganisasian pada kategori baik, pelaksanaan program kerja pada kategori baik serta pengawasan dan evaluasi program kerja pada kategori cukup.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...