Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 5, No 1 (2017): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK V 2017

PEKARANGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMP NEGERI 3 BADAR

Nurdin Amin (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser)
Weka Jaya Yanti B (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan respon siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penggunaan pekarangan sekolah sebagai media pembelaran pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Badar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Adapun sampel penelitian adalah kelas VII . Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur ketuntasan hasil belajar dan tanggapan siswa melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan one sampel t test sementara respon siswa dengan menggunakan Skala Likert. Data hasil penelitian pekarangan sekolah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran biologi yang dilihat dari respon siswa terdapat jawaban sangat setuju dari pernyatan positif siswa dengan 33% s/d 86% . Dapat disimpulkan bahwa pekarangan sekolah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran biologi pada materi keanekaragaman hayati.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...