Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 5, No 1 (2017): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK V 2017

TARAF KESUKARAN DAN DISKRIMINASI SOAL UJIAN UNTUK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH

Fazrina Fazrina (Program Pascasarjana Univesitas Syiah Kuala)
Ismul Huda (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini menganalisis butir soal ujian materi sistem ekskresi dalam pelajaran biologi pada Madrasah Aliyah di Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian dari aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto nonexperimental quantitative research dengan mengambil populasi siswa kelas XI MAN Banda Aceh 1 dan siswa kelas XI MAS Darul Ulum dengan jumlah sebanyak 208 siswa. Pengambilan jumlah sampel berdasarkan proporsional sampling yaitu sebanyak 70 siswa dari MAN Banda Aceh 1 dan 50 siswa dari MAS Darul Ulum. Hasil analisis terhadap 60 butir soal didapatkan 54 butir soal (90%) dinyatakan valid dan 6 butir soal (10%) dinyatakan tidak valid. Reliabilitas set soal didapatkan r = 0,93 yang berada pada kategori sangat tinggi dengan formula r11. Jika ditinjau dari taraf kesukaran soal didapatkan 1 butir soal (2%) dengan kategori soal mudah, 52 butir soal (87%) kategori soal sedang, dan 7 butir soal (11%) kategori soal sukar. Dilihat dari daya beda, 1 butir soal (2%) memiliki daya beda dengan kategori baik sekali, 20 butir soal (33%) memiliki daya beda kategori baik, 29 butir soal (49%) memiliki daya beda kategori cukup, 8 butir soal (13%) yang memiliki daya beda kategori jelek dan 2 butir soal (3%) dengan kategori tidak baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...